Pilot Lion Air yang Bolehkan Istri dan Anak Masuk Kokpit saat Penerbangan Akan Diberi Sanksi

Larangan keras bagi para pilot memasukkan orang ke kokpit saat pesawat sedang terbang | PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures

Citra bahkan mengecek ke toilet di dekat kokpit dan di sana ternyata tidak ada orang.
Karena dipenuhi rasa penasaran, Citra menanyakan hal tersebut kepada pramugari. Namun, pramugari tidak dapat menjawab dengan jelas.

Akhirnya pramugari memberi tahu bahwa perempuan dengan anaknya itu masuk ke kokpit menemui suaminya yang juga pilot pesawat itu.

Citra yang saat itu bepergian bersama suaminya curiga karena perempuan dan anak itu tak kunjung kembali atau keluar dari kokpit.

“Kejanggalan terjadi ketika saya melihat salah satu pramugari memberikan kode kepada penumpang yang duduk di bangku 1F dan 1E yaitu seorang ibu muda beserta putranya yang berusia mungkin sekitar 3 th an untuk meninggalkan bangku yang mereka tempati,” demikian penggalan cerita Citra dalam postingan di akun Facebook pada Rabu.

Pemilik akun Facebook atas nama Citra Rienanti menceritakan pengalamannya melihat seorang perempuan dan anaknya memasuki kokpit saat Captain Dimas Rio sedang menerbangkan pesawat, Selasa lalu.

Andy mengatakan bahwa pihaknya kembali mengingatkan adanya larangan keras bagi para pilot memasukkan orang ke kokpit saat pesawat sedang terbang. Manajemen Lion Air juga menegaskan, semua awak pesawat dan pilot agar konsisten menjaga keamanan serta kenyamanan penumpang saat sedang bertugas.

“Pilot yang bersangkutan akan kami beri sanksi. Sanksi bisa berupa penurunan bar, dari Captain menjadi First Officer atau tidak diberikan izin terbang (grounded) dalam jangka waktu tertentu. Dia termasuk pilot senior,” kata Andy saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/5/2017).

Dimas ketahuan oleh penumpang bernama Citra Rienanti telah memperbolehkan istri dan anaknya masuk kokpit ketika sedang menerbangkan pesawat Lion Air JT 015 rute Denpasar-Jakarta pada Selasa (23/5/2017) lalu.

Public Relations Lion Air, Andy Saladin, memastikan pihaknya memberikan sanksi tegas bagi salah satu pilotnya, Captain Dimas Rio, yang ketahuan memperbolehkan istrinya masuk kokpit saat dia menerbangkan pesawat.

Istri Pilot Disebut Masuk Kokpit Saat Pesawat Lion Air Sedang Terbang | PT Kontak Perkasa Futures

 

Andy Saladin, dari bagian public relations (PR) Lion Air, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan tentang hal tersebut dan sedang memprosesnya. Andy juga memastikan pihaknya akan melakukan investigasi guna mengetahui seperti apa kejadian sebenarnya.

“Terkait dengan adanya laporan di media sosial mengenai orang selain petugas masuk ke kokpit ketika penerbangan berlangsung, kami laksanakan investigasi terkait hal ini,” kata Andy saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/5/2017) sore.

“Saya sudah mendapat penjelasan bahwa memang tidak diperbolehkan ruangan cockpit diakses oleh pihak luar. Tindak lanjut atas kelalaian si pilot akan segera diinformasikan sesegera mungkin. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang memberikan kepeduliannya terhadap peristiwa yang saya alami,” tulis Citra.

Dalam posting-an pada Kamis ini, Citra menulis bahwa Lion Air telah menghubungi dia untuk meminta maaf sekaligus memberi ucapan terima kasih atas laporan yang diberikannya. Menurut dia, pihak Lion mengakui bahwa memang telah terjadi pelanggaran SOP penggunaan akses kockpit selama pesawat dalam keadaan terbang.

Masih menurut Citra, belakangan perempuan yang masuk ke kokpit itu memarahi dia karena dinilai mencampuri urusannya. Keduanya sempat berselisih hingga pesawat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Di akun Facebook-nya itu, Citra menampilkan sejumlah foto bahkan video terkait hal itu. Ada foto tentang kursi kosong di dalam pesawat dan video tentang pembicaraanya dengan perempuan yang disebut sebagai istri pilot tersebut.

Karena dipenuhi rasa penasaran, Citra lalu menanyakan hal tersebut kepada pramugari. Namun pramugari yang ditanya tidak dapat menjawab dengan jelas dan akhirnya memberi tahu bahwa perempuan dengan anaknya itu masuk ke kokpit untuk menemui suaminya yang adalah pilot pesawat tersebut.

Citra mempertanyakan apakah boleh seseorang masuk ke kokpit. Dia sendiri melihat ada tulisan larangan bagi siapapun memasuki area kokpit ketika pesawat sudah lepas landas.

Pihak Lion Air mengatakan telah mendapat laporan tentang hal itu dan saat ini sedang menyelidiki kasus tersebut.

Citra menulis di akunnya itu bawa dia yang saat itu bepergian bersama suaminya curiga karena perempuan dan anaknya itu tak kunjung kembali atau keluar dari kokpit. Citra lalu mengecek ke toilet di dekat kokpit dan ternyata tidak ada orang di sana.

“Kejanggalan terjadi ketika saya melihat salah satu pramugari memberikan kode kepada penumpang yang duduk di bangku 1F dan 1E yaitu seorang ibu muda beserta putranya yang berusia mungkin sekitar 3 th an untuk meninggalkan bangku yang mereka tempati,” demikian penggalan cerita Citra dalam postingan di akun Facebook pada Rabu kemarin.

Pemilik akun Facebook bernama Citra Rienanti menceritakan pengalamannya melihat seorang perempuan dan anaknya memasuki kokpit, tempat pilot menerbangkan pesawatnya, Selasa (23/5/2017). Pesawat yang ditumpangi Citra saat itu adalah Lion Air rute Denpasar-Jakarta dengan nomor penerbangan JT 015.

Lion Air Sanksi Pilot yang Memasukkan Istri ke Kokpit Pesawat Saat Terbang | PT Kontak Perkasa Futures

 

Setelah kejadian 911, peraturan keamanan bertambah ketat. Untuk beberapa negara atau perusahaan maskapai, flight deck harus terkunci dari boarding sampai penumpang seluruhnya deplaned.

Sebelumnya, Citra Rienanti, salah seorang penumpang Lion Air menyebut keluarga kapten pilot diperbolehkan masuk ke dalam kokpit. Hal ini menjadi kekhawatiran, karena dapat membahayakan keselamatan penumpang yang berada dalam perjalanan itu.

Dari hasil investigasi yang dilakukan maka Pilot akan dikenakan sanksi. Sanksi dapat berupa penurunan bar dari Capt menjadi First Offircer atau tidak diberikan terbang atau grounded dalam jangka waktu tertentu. Kami juga akan segera berkoordinasi dengan Kemenhub untuk melaporkan sanksi yang diberikan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Indonesia memperbolehkan selain kru pesawat untuk menempati jumpseat jika ada tiga izin yaitu, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, dari Company (perusahaan maskapai), dan Pilot in Command (pilot yang bertugas).

“Kami akan melakukan investigasi terkait hal ini, dikarenakan di dalam peraturan perusahaan kami menyebutkan, bahwa selain petugas maka tidak dapat memasuki kokpit pada saat penerbangan berlangsung,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (25/5/2017).

Berdasarkan investigasi itu, Andi menegaskan pilot tersebut akan mendapatkan sanksi berupa penurunan pangkat pilot menjadi flight officer. Selain itu, Lion Air juga mencabut izin terbang sementara pilot yang memasukkan istri dan anak ke kokpit tersebut.

ejadian tersebut pertamakali diketahui oleh salah satu penumpang pesawat yaitu, Citra Rienanti. Citra mengunggah kejadian tersebut ke akun laman media sosialnya, Facebook dengan nama akun Citra Rienanti.

Public Relations Manager Lion Air Andy M Saladin mengatakan perseroan telah menghubungi penumpang yang bersangkutan dan telah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami sekaligus berterima kasih atas laporan yang diberikan.

Manajemen Maskapai Lion Air segera menginvestigasi kejadian masuknya keluarga penumpang pilot Lion Air ke dalam kokpit pesawat, dengan nomor penerbangan JT 015 rute Denpasar menuju Jakarta, pada Selasa (23/5) lalu.

 

 

PT Kontak Perkasa Futures

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s