Setelah 13 Tahun DO, Mark Zuckerberg Dapat Gelar Kehormatan Harvard

Mark Zuckerberg akhirnya berhasil mendapatkan gelar doktor kehormatan dalam bidang hukum | PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures

Facebook sekarang telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar, dengan hampir dua miliar pengguna di seluruh dunia. Jejaring sosial ini tumbuh dari sebuah situs jejaring yang ia buat di kampus. Zuckerberg kemudian meninggalkan Harvard pada Mei 2004.

Menurutnya, peluang seringkali terhalang oleh tingkat ketidaksetaraan antara dan kaya dan miskin. Hal ini adalah salah satu masalah sosial yang perlu ditangani. “Ada yang salah dengan sistem kita. Saat saya pergi dari sini, saya bisa menghasilkan miliaran dolar dalam 10 tahun. Sementara jutaan siswa lainnya bahkan tidak mampu melunasi pinjaman mereka, apalagi memulai bisnis,” kata dia.

“Kini giliran generasi kita untuk membangun hal-hal besar. Mari kita melakukan hal-hal besar, tidak hanya untuk menciptakan kemajuan tapi juga untuk menciptakan tujuan,” ujar Zuckerberg, dikutip New Strait Times.

Zuckerberg mengatakan, dia berasal dari generasi yang sama dengan para lulusan baru. Generasi milenial menurutnya akan menghadapi tantangan ketidaksetaraan, kekecewaan, dan hilangnya pekerjaan.

Zuckerberg juga mendesak lulusan almamaternya untuk membangun hal-hal besar. Dia menyoroti tema kesetaraan, inklusivitas, dan kesempatan, sekaligus mendesak mahasiswa agar tidak takut untuk mengambil risiko. “Saya di sini untuk memberitahu Anda bahwa menemukan tujuan saja tidak akan cukup. Tantangan kita adalah menciptakan dunia, agar setiap orang memiliki tujuan,” ungkapnya.

Dalam pidatonya, miliarder berusia 33 tahun itu menceritakan nostalgia masa-masa kuliahnya di Harvard, termasuk memberikan kesan setelah mengunjungi kembali kamar asramanya yang lama. “Bu, saya selalu bilang bahwa saya akan kembali dan mendapatkan gelar saya,” ujar Zuckerberg, yang seolah berbicara dengan ibunya.

Setelah 13 tahun putus kuliah atau drop out (DO) dari Universitas Harvard untuk mendirikan Facebook, Mark Zuckerberg akhirnya berhasil mendapatkan gelar dari universitas itu. Ia mendapatkan gelar doktor kehormatan dalam bidang hukum.

Akhirnya Mark Zuckerberg Lulus dari Harvard | PT Kontak Perkasa Futures

 

Sementara dalam akun Facebook-nya, Mark juga memajang fotonya dengan mengenakan toga. Dia menuliskan,” Tuh bu, seperti yang saya selalu bilang pasti saya akan lulus dari Harvard,” kata Mark.

Foto itu juga mendapat respons positif dari banyak pengguna Facebook di berbagai belahan dunia.

Gelar kelulusan Harvard ini mendapatkan sorotan dan tepukan meriah di acara kelulusan tersebut. Mark dianugerahi doktor honoris causa atau gelar kehormatan dari kampus ternama AS itu. Diketahui bahwa Mark sebelumnya kuliah di Harvard namun gagal dan drop out alias DO.

Dia lalu mendirikan Facebook dan dianggap menjadi salah satu figur berpengaruh di dunia.
Dikutip dari laman Reuters, Mark menerima gelar doktor honoris causa untuk bidang hukum bersama-sama dengan aktor James Earl Jones. Mereka terlihat berdampingan di acara seremoni ke-366 itu.

Pendiri situs jaringan sosial Facebook, Mark Zuckerberg akhirnya lulus dari Universitas Harvard di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Bilioner muda itu menghadiri upacara wisudanya pada Kamis, 25 Mei 2017.

12 Tahun “Drop Out”, Mark Zuckerberg Akhirnya Wisuda | PT Kontak Perkasa Futures

 

Sebagai milenial, menemukan tujuan saja tak cukup. Tantangannya untuk generasi ini adalah menciptakan dunia di mana semua orang memiliki tujuan,” ia menuturkan.

“Itu adalah kunci dari kebahagiaan sejati dan satu-satunya cara untuk membuat masyarakat kita maju,” ia menambahkan.

Foto itu diganjar 1,9 juta reaksi dari netizen dan dibagi lebih dari 64.000 kali. Banyak netizen yang menghanturkan selamat, rasa bangga, dan kekaguman pada Zuckerberg.

Pada acara kelulusan mahasiswa Harvard kelas 2017, Zuckerberg pun didaulat memberikan pidato. Ia mengimbau para milenial agar selalu setia dan fokus pada tujuan dan menciptakan ekosistem lingkungan yang punya tujuan.

“Ibu, saya selalu bilang padamu bahwa saya akan kembali (ke Harvard) dan meraih gelar,” begitu keterangan foto yang diunggah, sebagaimana dihimpun KompasaTekno, Jumat (26/5/2017) dari laman Facebook personal Mark Zuckerberg.

Pada Kamis (25/5/2017) kemarin, Mark Zuckerberg pun mengunggah foto dirinya dengan jubah dan toga wisuda beserta ijazah. Ia foto bersama ibu dan bapaknya dengan senyum bahagia.

Kini, setelah kira-kira 12 tahun, Zuckerberg kembali ke universitas yang menjadi saksi bisu perjuangannya mendirikan Facebook. Ia akhirnya diwisuda dengan gelar kehormatan atau kerap disebut Honoris Causa.

Antusiasme Mark Zuckerberg tampak di laman Facebook personalnya. Sejak beberapa hari lalu, ia mengunggah foto-foto kunjungan ke Harvard hingga video Live tur ke kamar asramanya dulu.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, keluar dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, tanpa menyandang gelar sarjana pada 2005 silam. Ia memilih drop out karena ingin fokus mengembangkan jejaring sosial Facebook.

 

 

PT Kontak Perkasa

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s