Siapkan bus bandara, BPTJ pasang tarif Rp 50 ribu per penumpang

(BPTJ) bakal menyediakan angkutan massal | PT Kontak Perkasa Futures

 

PT Kontak Perkasa Futures
Elly menargetkan, JAConnexion dimanfaakan lebih dari setengah penghuni hotel yang ingin pergi ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami harapkan dari hotel-hotel yang disinggahi dari 20 hotel yang disiapkan pelayanannya, paling tidak 50 persen,” katanya Elly.

“Dari hasil survei kami sebarkan di hotel 70 persen. Target kami cukup ambisius kalau bisa 75 persen.”

Kemudian, Hotel Mulia, Ritz Carlton, Crowne Plaza, Intercontinental Mid Plaza, Sahid Jaya Hotel, Le Meridien, Four Seasons, dan Shangri-La. Lalu, Grand Hyatt, Kempinski, Sari Pan Pacific, dan Milenium.

Selanjutnya, Hotel Borobudur, Arya Duta , dan Alila.Setiap bus berhenti di tiga hotel dengan durasi satu jam.

Adapun pusat perbelanjaan dilalui: Mall Taman Anggrek, Plaza Senayan, ITC Cempaka Mas, dan ITC Tanah Abang.

“Tarifnya kira-kira Rp 50 ribu per orang dari hotel,” katanya. “Operator terlibat, antara lain, Perum DAMRI, Blue Bird, dan Sinar Jaya. Sedangkan PPD melayani penumpang ke Bandara dari Mall.”

Sebanyak 20 hotel bakal menerima layanan ini. Yaitu, JW Marriot, Manhattan Hotel, Park Lane, Grand Melia.

“Efisiensi pemanfaatan prasarana perlu terus dilakukan. Dalam hal ini, BPTJ menyelenggarakan sistem pelayanan baru yang disebut Jakarta Airport Connexion (JAConnexion) yang melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke kawasan perhotelan maupun Mall dan sebaliknya di Jabodetabek,” kata Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga, di Kantornya, Jumat (26/5).

Sejauh ini, sudah ada empat operator transportasi umum bersedia terlibat dalam JAConnexion. Total armada disediakan mencapai sekitar 92 bus.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bakal menyediakan angkutan massal menghubungkan berbagai hotel di sekitar ibu kota dengan Bandara Soekarno-Hatta. Untuk itu, badan di bawah Kementerian Perhubungan tersebut bekerja sama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

BPTJ Akan Luncurkan Angkutan dari Hotel Bintang 5 ke Soetta | PT Kontak Perkasa Futures

 

Khusus untuk Perum PPD juga akan melayani rute 5 rute dari Bandara Soetta ke pusat perbelanjaan dan sebaliknya. Rute-rute tersebut yaitu Bandara Soetta-Mal Taman Anggrek, Bandara Soetta-Mal Plaza Senayan, Bandara Soetta-ITC Cempaka Mas, Bandara Soetta-Mal Kelapa Gading dan Bandara Soetta-ITC Tanah Abang.

Layanan angkutan ini akan berangkat setiap 1 jam sekali dari lokasi-lokasi yang telah ditentukan tersebut. Untuk harga tiket, layanan transportasi dari hotel akan dikenakan biaya Rp 50 ribu per orang dan Rp 25 ribu per orang untuk layanan transportasi dari mal.

“Waktu belum rapat, paling sekarang sekitar 1 jam sekali. Kita berharap ke depan per 30 menit, total bus sekitar 90-an bus mikro dan besar,” tandas dia.

Rute empat yaitu Bandara Soetta-Hotel Indonesia (HI) melalui Grand Hyatt Jakarta, Hotel Kempinski Jakarta, Hotel Sari Pan Pacific dan Hote Milenium. Dan rute lima yaitu Bandara-Soetta-HI melalui Hotel Borobudur, Hotel Arya Duta Tugu Tani dan Hotel Alila.

Menurut Elly, saat ini ada empat operator angkutan umum yang akan memberikan pelayanan JAConnexion yaitu Perum Damri, Blue Bird, Sinar Jaya dan PPD. Blue Bird akan mengoperasikan 15 unit bus, Perum Damri mengoperasikan 10 unit, Sinar Jaya mengoperasikan 16 unit dan PPD sebanyak 50 unit bus.

Dia menjelaskan, ada lima rute yang akan dilayani oleh angkutan premium ini. Untuk rute satu yaitu Bandara Soetta-Sentra Kuningan melalui JW Marriott Hotel, Manhattan Hotel, Park Lane Jakarta dan Hotel Grand Melia Jakarta.

Rute dua yaitu Bandara Soetta-Semanggi melalui Hotel Mulia Jakarta, Riz Carlton Hotel dan Crowne Plaza. Rute tiga yaitu Bandara Soetta-Dukuh Atas melalui Intercontinental Mid Plaza, Sahid Jaya Hotel Jakarta, Le Meridien Hotel, Four Seasons Hotel dan Hotel Shangri-La Jakarta.

Kepala BPTJ‎ Elly Adrian Sinaga mengatakan, pelayanan transportasi ini akan melayani rute dari hotel-hotel di Jabodetabek khususnya Jakarta ke Bandara Soetta. Angkutan yang disediakan pada layanan ini pun merupakan kelas premium, mengingat hotel yang dituju merupakan hotel-hotel bintang 5.

“Kita akan me-launching angkutan untuk premium. Setelah kita berkomunikasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), banyak sekali orang (tamu hotel) melakukan perjalanan ke bandara, banyak hotel yang sudah menyediakan angkutan hotel dan taksi, tapi itu kan 1 orang 1 taksi. Ini kalau dikumpulkan menjadi angkutan yang lebih massal maka bagus sekali,” ujar dia di Kantor BPTJ, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan meluncurkan layanan angkutan bandara bernama Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion). Rencananya layanan ini akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa 30 Mei 2017 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Layani Perjalanan Hotel-Bandara, Ini Tarif dan Rute Bus JAConnexion | PT Kontak Perkasa Futures

“Jadi kenapa hotel bintang 5. Karena survei membuktikan bahwa hotel bintang 5 banyak orang asing dan malah pada komplain. Kenapa nggak ada transportasi massa yang lebih murah untuk kami. Kalau pakai taksi, walaupun di negara maju justru dihindari orang. Jadi mereka lebih berpikir. Toh pelayanan (JAConnexion) sama dengan taksi,” tandasnya.

Adapun hotel yang akan tersedia bus JAConnexion untuk saat ini adalah, Hotel Borobudur, Hotel Alila, Hotel Luminor, Hotel Aryaduta, Hotel Sari Pan Pacific, Hotel Grand Cemara, Hotel Ibis Thamrin, Hotel Millenium, Hotel Grand Sahid Jaya, Hotel Asscot, Hotel Amaris Thamrin City, dan Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang.

Sedangkan untuk mall yang dilewati adalah, Mall Grand Indonesia, Mall Taman Anggrek, Plaza Senayan, ITC Cempaka Mas, Mall Kelapa Gading, dan ITC Tanah Abang. Bus akan datang setiap satu jam sekali.

Dia menyebutkan, tarif yang dipatok untuk bus tersebut setiap satu kali perjalanan adalah Rp50.000 untuk bus JAConnexion dari hotel. Sedangkan untuk bus PPD dan Sinar Jaya yang dari mall akan dikenakan tarif Rp25.000 per satu kali perjalanan.

“Tarif memang sudah kita diskusikan dengan para operator. Tarifnya Rp50 ribu dari hotel dan Rp25 ribu dari mall,” imbuh dia.

Kepala BPTJ Elly Andrian Sinaga mengungkapkan, bus JAConnexion akan memudahkan masyarakat baik dari dalam dan luar negeri dengan akses langsung menuju bandara. Saat ini sudah empat operator transportasi yang menyediakan layanan JAConnexion, yakni PT Big Bird Pusaka, Perum Damri, PO Sinar Jaya Megah Langgeng, dan Perum PPD.

“Akan mulai beroperasi (bus JAConnexion) setelah diresmikan pada 30 Mei 2017 oleh Menhub,” katanya di kantor BPTJ, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan segera meluncurkan transportasi angkutan massal yang akan melayani perjalanan dari hotel dan mall di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya. Layanan tersebut bernama Jakarta Airport Connexion (JAConnexion).

 
PT Kontak Perkasa Futures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s