Bulog Segera Datangkan 5.000 Ton Daging Kerbau dari India

Perum Bulog menyatakan bakal mendatangkan 5.000 kilogram daging kerbau dari India | PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures
Menurut dia, apabila stok daging kerbau tidak mencukupi, maka Bulog sudah ditugaskan kembali untuk melakukan importasi sebesar 51.000 ton. Dengan demikian, harapannya adalah harga daging dapat terjaga pada harga eceran tertinggi (HET) Rp 80.000 per kilogram.

Gunarso menambahkan, importasi dan penyediaan daging kerbau bukan untuk menggantikan daging sapi. Hadirnya daging kerbau ditujukan untuk mengimbangi harga dan memberikan pilihan kepada masyarakat.

Gunarso mengungkapkan, stok daging kerbau yang ada di Bulog saat ini mencapai sekitar 35.371 ton. Dari jumlah itu, sekitar 35.346 ton pasokan daging kerbau Bulog berada di DKI Jakarta dan Banten. Sementara itu, 10 ton berada di Jawa Barat, 4 ton berada di Banten, dan 1 ton berada di Kalimantan Tengah.

Menurut Gunarso, importasi daging kerbau merupakan tugas yang diamanatkan pemerintah kepada Bulog. Adapun stok daging kerbau sudah diadakan oleh Bulog sejak akhir tahun 2016 lalu.

Perum Bulog menyatakan bakal mendatangkan 5.000 kilogram daging kerbau dari India. Upaya ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan pasokan daging pada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

“Kita akan segera menambah 5.000 (ton). Dari India kita impor daging kerbau,” kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso dalam sebuah diskusi di Galeri Nasional, Minggu (28/5/2017).

Akhirnya Warga Pekanbaru Bisa Nikmati Daging Murah | PT Kontak Perkasa Futures

 

Dia berharap daging beku segar tersebut bisa disosialisasikan sehingga masyarakat dapat membelinya. “Selain di Bulog masyarakat juga dapat membelinya di toko ritel,” ungkapnya.

Dia menerangkan, masuknya daging impor tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk membantu masyarakat mendapatkan daging dengan harga lebih murah. Seperti kondisi saat ini penjual daging di pasar tradisional harus bisa bersaing. “Mungkin kedepan penjual daging Sapi di pasar tradisional ada persaingan. Karena daging beku segar dijual lebih murah dan tentu masyarakat bisa memilih daging beku segar itu,” katanya.

“Selain daging Kerbau beku segar juga ada daging sapi beku segar informasinya memang sudah sampai di Bulog. Masyarakat bisa langsung datang ke Bulog untuk membelinya dengan harga jauh dari pasaran,” ujar Masirba H Sulaiman seperti dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Senin (29/5).

Diakuinya, ketersediaan daging beku segar tersebut memang masih belum banyak diketahui masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mempuyai pilihan untuk membeli daging di pasar tradisional tentunya dengan harga diatas Rp 100 ribu per kg.

Sebagaimana janji pemerintah yang tetap menjaga keterseidaan stok bahan pokok dan harga yang stabil, kini Perum Bulog mulai menyalurkan daging kerbau beku di Kota Pekanbaru, Riau seharga Rp 80 ribu per kg.
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Mairba H Sulaiman menuturkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan daging kerbau segar silakan datang ke Bulog.

Stok Daging Kerbau Sangga Harga Daing Sapi Terus Meroket | PT Kontak Perkasa Futures

Lebih lanjut, Karyawan menuturkan, untuk menjaga stabilitas harga daging, Bulog akan memperbanyak saluran penjualan melalui kerjasama dengan Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI) serta melalui jaringan 18 ribu Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di seluruh Indonesia. “Dengan outlet-outlet tersebut kami berharap stabilisasi harga dapat terjadi sepanjang tahun,” kata Karyawan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Dirjen Holtikurtura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono menambahkan, kebutuhan daging di masyarakat selama Mei-Juni 2017 diperkirakan mencapai 106.000 ton. Sementara, perkiraan produksi daging lokal selama dua bulan tersebut hanya 62.000 ton. Namun begitu, kata Spudnik, defisit kebutuhan daging sudah diamankan oleh stok daging impor, baik yang dimiliki Bulog maupun yang dimiliki 36 importir daging.

Saat ini Bulog menguasai 35 ribu ton daging kerbau beku. Sementara stok daging sapi beku yang ada di Bulog hanya tersisa 280 ton. Meski stok daging sapi menipis, perusahaan milik negara tersebut belum memiliki rencana untuk menambah pasokan. Justru, dalam waktu dekat Bulog akan kembali mendatangkan 51 ribu ton daging kerbau impor dari India.

Menurut Karyawan, animo masyarakat atas daging kerbau cukup positif dilihat dari penjualan komoditi tersebut. Di awal tahun, Bulog mengimpor sekitar 70 ribu ton daging kerbau. Artinya, sebanyak 35 ribu ton sudah dilepas ke pasar.

“Rasanya kalau tidak ada pilihan daging kerbau mungkin daging sapi sudah lebih dari Rp 150 ribu. Artinya daging kerbau ini menahan agar daging sapi tidak naik terus,” kata Karyawan, dalam sebuah forum diskusi di Galeri Nasional Jakarta, Ahad (28/5).

Karena itulah, sambung dia, Bulog diminta pemerintah untuk fokus menyediakan alternatif protein hewani dari daging kerbau. Harga daging kerbau sendiri dipatok maksimal Rp 80 ribu per kikogram. “Masyarakat bisa memilih, kalau ingin yang lebih murah ada daging kerbau dengan seratnya yang tinggi, lemaknya lebih sedikit,” kata dia.

Di pekan pertama Ramadhan, harga daging sapi beku di pasar dilaporkan melonjak ke angka Rp 100-120 ribu per kilogram. Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Karyawan Gunarso menilai kenaikan harga itu masih dikategorikan dalam batasan yang terkendali. Ia meyakini, jika Bulog tidak memberikan alternatif daging kerbau beku, harga daging sapi sudah meroket jauh.

 

 

PT Kontak Perkasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s